Loading...
Monday, March 3, 2014

SEJARAH MA AS-SA'ADAH



Madrasah Aliyah (MA) As-Sa'adah Sukasari yang beralamat di Jln. Manglayang-Tanjungsari Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang, berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam As-Sa'adah yang berdiri pada tahun 2005. Pada tahun pelajaran 2005/2006, jumlah siswa sebanyak 53 siswa dan pada tahun pelajaran 2006/2007 meningkat menjadi 111 siswa. Menginjak tahun pelajaran 2007/2008, jumlah siswa terus bertambah lagi menjadi 164 siswa. Sedangkan pada tahun pelajaran 2008/2009 adalah 166 siswa. Semakin meningkatnya jumlah siswa tersebut, berarti antusias dan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya terhadap MA. As-Sa'adah semakin baik.
Madrasah Aliyah As-Sa’adah Sukasari didirikan atas dasar pemikiran :
  1. Pertumbuhan penduduk yang begitu cepat mendorong kita menambah kualitas sarana pendidikan.
  2. Keinginan masyarakat untuk memiliki sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya, sehingga mereka tidak jauh lagi menyekolahkan putra-putrinya.
  3. Kebutuhan masyarakat akan Pendidikan Islam dari tahun ke tahun semakin meningkat sebagai akibat kekhawatiran para orang tua akan pengaruh negatif zaman modern yang tidak dapat ditolelir itu terhadap putra-putri mereka.
Sebagai madrasah yang telah dicanangkan untuk menjadi proyek percontohan di kawasan Sukasari, sejak pertama beroperasi, MA. As-Sa'adah menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan lain yang ada di sekitar madrasah, seperti Pondok Pesantren Miftahul Hasanah, Pondok Pesantren Salafiyah Al-Majidiyah, Pondok Pesantren Al-Mubarokah dan beberapa pesantren lainnya. Selain itu, MA. As-Sa'adah berupaya memberikan pendidikan dan pelajaran lain di luar jam pelajaran, yaitu kegiatan ekstrakurikuler seperti ekstrakurikuler Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, Gerakan Kepramukaan, Paskibra, kegiatan Keorganisasian dengan adanya OSIS. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar anak didik lebih aktif dan bertanggung jawab serta dapat menyosialisasikan dalam kehidupannya di masa mendatang.

 
TOP